RENSTRA

RENCANA STRATEGI

(RENSTRA)

TAHUN 2013 - 2018

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

KOTA PALEMBANG

 

KATA  PENGANTAR

 

 

Puji  dan  syukur  kita  panjatkan  kehadirat  Tuhan  yang  Maha  Kuasa  atas  taufiq  dan  hidayahNya, kami telah dapat menyusun Rencana  Strategis (Renstra) SKPD periode tahun 2013 - 2018, yang merupakan rencana program  kerja yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  Kota Palembang selama kurun waktu tahun 2013 s.d. 2018. Meskipun kami  telah berupaya semaksimal mungkin untuk menyusun Renstra dengan  sebaik-baiknya, namun kami yakin masih banyak kekurangan. Oleh sebab itu kami mengharapkan saran dan masukan dari berbagai pihak untuk perbaikan Renstra ini kedepan.

Dalam Renstra ini diuraikan visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program, sasaran, indikator  kinerja, dan  pagu  indikatif,  baik  dalam  bentuk  matriks program  tahunan  maupun  program  lima  tahunan. Renstra  ini  disusun  dengan  mengakomodir rencana kerja masing-masing bidang  dalam  lingkungan  Dinas  Pendidikan  Pemuda  dan Olahraga  Kota  Palembang.

Saya  ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Tim  penyusun Renstra Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang,  yang telah berupaya bekerja dengan maksimal, hingga selesainya penyusunan  Renstra  ini.

 

 

Palembang,    Januari  2016

Kepala  Dinas,

 

 

 

AHMAD ZULINTO, S.Pd, M.M.

Pembina Tingkat I

NIP. 196404181989031003

 

 

 

 

DAFTAR  ISI

halaman

 

Kata Pengantar  ..................................................................................          ii

 

Daftar Isi  .......................................................................................... iii

 

Daftar  Tabel  .....................................................................................          v

 

      BAB    I.    PENDAHULUAN  ........................................................... 1

  1. Latar  Belakang  ..................................................... 2
  2.       Maksud  dan  Tujuan  ............................................   3
  3. Landasan Hukum....................................................  5
  4. Sistematika Penulisan Renstra  SKPD  ...................... 6

 

       BAB  II.   GAMBARAN PELAYANAN SKPD  ...................................... 8

  1. Struktur  Organisasi  ............................................... 9
  2. Susunan Kepegawaian dan Perlengkapan  ................   10
  3. Kedudukan, Tugas dan Wewenang  .........................   12

 

       BAB III.   ISU STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS POKOK DAN

  FUNGSI..........................................................................         14

  1. Gambaran Umum Saat ini ........................................ 15
  2. Kondisi  Yang  Diharapkan  dan  Proyeksi  Kedepan…   23

 

BAB 1V.  VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, TARGET KINERJA,

STRATEGI, DAN KEBIJAKAN ...........................................  26

  1. Visi  dan  Misi  ........................................................          27
  2. Tujuan ................................................................... 28
  3. Sasarandan Indikator Kinerja ..................................   29
  4. Strategi ...................................................................        30
  5. F.   Kebijakan ...............................................................          31

BAB   V.   PROGRAM DAN KEGIATAN ............................................  32

  1. Program  dan  Kegiatan  Pokok ...............................   33
  2. Program  dan  Kegiatan  Lintas  SKPD .....................   34

 

BAB  VI.   PENUTUP ....................................................................  39

LAMPIRAN .................................................................................. 41

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

DAFTAR  TABEL

 

 

Tabel   1     Susunan  Pegawai  Kantor...............................................     11

Tabel   2     Perlengkapan  Kantor .....................................................    12

Tabel   3     Jumlah  Sekolah  Negeri  dan  Murid ...............................     15

Tabel   4     Jumlah  Sekolah  Swasta  dan  Murid ..............................     15

Tabel   5     Jumlah  Lembaga  Pendidikan  Luar  Sekolah ...................     15

Tabel   6     Data Pendidikan Non Formal ...........................................    16

Tabel   7     Jumlah  SD Standar Nasional ..........................................    17

Tabel   8     Jumlah SD Rintisan  Sekolah  Berstandar  Internasional ...      17

Tabel   9     Jumlah Rintisan  Sekolah  Berstandar  Internasional  ........     17

Tabel   10   Jumlah  SMP Rintisan  Sekolah  Berstandar  Internasional       18

Tabel   11   Jumlah  SMA Standar Nasional .........................................   19

Tabel   12   Jumlah SMA Rintisan  Sekolah  Berstandar  Internasional...     19

Tabel   13   Jumlah  SMK Standar Nasional .........................................    19

Tabel   14   Jumlah SMK Rintisan  Sekolah  Berstandar  Internasional...     20

Tabel   15   Jumlah  Sekolah  Keagamaan dan  Sekolah Luar Biasa ......      21

Tabel   16   Kondisi  Gedung  Ruang  Belajar  Sekolah  Negeri ...........       21

Tabel   17   Kondisi  Meubeler  Kelas  Sekolah  Negeri .......................      21

Tabel   18   Data  Tenaga  Pendidik  SMP  dan  SMA/K  Negeri.............     22

Tabel   19   Data  Indikator  Capaian  Kinerja .....................................    22

Tabel   20   Proyeksi  Kelengkapan  Sarana  Prasarana ........................    25

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                      

 

 

 

 

BAB  I

 

PENDAHULUAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A

Latar Belakang

 

 

Seiring dengan bergulirnya otonomi daerah sebagai implementasi Undang-undang 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (Good Governance) menjadi hal yang penting. Pemerintah selaku pelayan masyarakat harus dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan mengedepankan prinsip-prinsip dasar yang meliputi: demokrasi, peran serta masyarakat, pemerataan dan keadilan serta keragaman dan potensi daerah.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Peme-rintahan Daerah,  Dinas  Daerah merupakan  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  dengan diberikan kewenangan - kewenangan  untuk  melaksanakan  fungsinya.

Sementara itu berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,  Kepala  Dinas adalah  pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan kapasitas sebagai pengguna anggaran, wajib menyusun Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra-SKPD)  dan Rencana Kerja Satuan Perangkat Daerah Kecamatan (Renja-SKPD).

Perencanaan strategik merupakan suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu tertentu (1-5 tahun) dengan memperhitungkan potensi, peluang, dan kendala yang ada atau mungkin timbul, Rencana strategik mengandung visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan kebijakan, program, dan kegiatan yang realistis dengan mengantisipasi perkembangan masa depan.

Sebagai implementasi dari uraian di atas,   maka  Dinas  Pendidikan,  Pemuda  dan  Olahraga  Kota  Palembang   sebagai   salah   satu   Satuan  Kerja  Perangkat Daerah ( SKPD ), perlu membuat suatu rencana strategis yang berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) KotaPalembang,   sebagai dokumen perencanaan lima tahunan yang akan dituangkan dalam Rencana Strategis ( RENSTRA ) Kota  Palembang  Tahun 2013-2018.

Dalam RPJMD Kota Palembang tertuang Visi Kota Palembang yakni “PALEMBANG EMAS 2018” denngan enam Misi sebagai berikut :

  1. Misi 1 : Menciptakan tata kelola pemerintahan yang amanah dan berwibawa serta peningkatan pelayanan masyarakat;
  2. Misi 2 : Menciptakan Kota Palembang lebih aman untuk berinvestasi dan mandiri dalam pembangunan;
  3. Misi 3 : Meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan masyarakat kelurahan
  4. Misi 4 : Mendorong keimanan dan ketaqwaan masyarakat sehingga terciptanya masyarakat yang religius;
  5. Misi 5 : Meningkatkan pembangunan yang adil dan berwawasan linungan di setiap sektor;
  6. Misi 6 : Melanjutkan pembangunan Kota Palembang yang Elok, sebagai kota Madani, bertaraf Internasional, beradat dan sejahtera.

Pada misi ke enam ini termuat tujuan, sasaran, indikator kinerja, urusan dan program Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palembang.

 

B

Maksud dan Tujuan

 

 

Maksud disusunnya Renstra Dinas  Pendidikan,  Pemuda  dan  Olahraga  Kota  Palembang  adalah untuk membangun sebuah Rencana Strategis sebagai pedoman dalam menyusun program dan kegiatan 5 (lima) tahun kedepan sesuai dengan kedudukan, tugas  dan wewenang yang dilimpahkan kepada  Dinas Pendidikan,  Pemuda  dan  Olahraga  bagai SKPD di lingkunagn Pemerintah Daerah Kota Palembang.

Tujuan penulisan RENSTRA adalah :

  • Sebagai landasan acuan dalam Penyusunan program dan kegiatan tahunan.
  • Sebagai bahan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).
  • Pedoman untuk memberikan pelayanan prima kepada Masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders).
  • Alat organisasi dalam peningkatan koordinasi baik vertikal maupun horizontal antar unit kerja.

 

 

C

Landasan Hukum

 

 

Dalam mengerjakan Rencana Strategis (Renstra) ini tidak dapat menyimpang dari aturan yang telah ada. Adapun yang menjadi landasan hukum dalam pembuatan Renstra ini adalah sebagai berikut :

  1. Undang - Undang No.32 tahun 2004  tentang Pemerintahan Daerah.
  2. Undang - Undang No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
  3. Peraturan Pemerintah No. 40 tahun 2006 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Pembangunan Nasional.
  4. Peraturan Pemerintah  6  Tahun  2008  tentang  Pedoman  Evaluasi  Penyelenggaraan  Pemerintahan  Daerah.
  5. Peraturan Pemerintah No. 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.
  6. Peraturan Daerah  Kota  Palembang  6  Tahun  2008  tentang  Urusan  Pemerintah  Kota  Palembang.
  7. Peraturan Daerah  Kota  Palembang  9  Tahun  2008  tentang  Pembentukan,  Susunan  Organisasi  dan  Tata  Kerja  Dinas  Daerah  Kota  Palembang.
  8. Peraturan Daerah  Kota  Palembang  ....  Tahun  2013  tentangRencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) Kota  Palembang Tahun 2013.
  9. Keputusan Walikota Palembang Nomor .... tentag Pengesahan Rencana Srategis (Renstra) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang Tahun 2013 – 2018.

 

D

Hubungan Renstra SKPD dengan Dokumen Perencanaan Lainnya

 

 

  1. Renstra SKPD disusun berpedoman pada RPJMD
  2. Renstra SKPD sebagai bahan penyusunan RPJMD
  3. Renstra SKPD digunakan sebagai salah satu pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) SKPD.
  1. Renja SKPD menjadi pedoman dalam penyusunan RKA-SKPD.

 

E

Sistematika Penulisan Rencana Strategis

 

Sistematika Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) SKPD Dinas  Pendidikan,Pemuda dan  Olahraga  Kota  Palembang,  adalah sebagai berikut :

Kata Pengantar

Daftar Isi

Daftar Tabel

 

BAB I.   PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Maksud dan Tujuan
  3. Landasan Hukum
  4. Hubungan Renstra SKPD dengan Dokumen Perencanaan Lainnya
  5. Sistematika Penulisan Rencana Srategis SKPD

BAB II. GAMBARAN PELAYANAN SKPD

  1. Struktur Organisasi
  2. Susunan Kepegawaian dan Perlengkapan
  3. Kedudukan, Tugas dan Wewenang

BAB III. ISU STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Kondisi Umum Saat Ini
  2. Kondisi yang Diharapkan dan Proyeksi Kedepan

BAB IV. VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, TARGET KINERJA, STRATEGI, DAN

KEBIJAKAN

  1. Visi dan Misi
  2. Tujuan
  3. Sasaran dan Indikator Kinerja
  4. Target Kinerja
  5. Strategi
  6. Kebijakan

BAB V. RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

  1. Rencana Program
  2. Kegiatan
  3. Indikator Kinerja
  4. Kelompok Sasaran dan Pendanaan Indikatif

BAB VI. PENUTUP

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

BAB  II

 

GAMBARAN PELAYANAN DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A

Struktur Organisasi

 

 

Dengan  telah diterbitkannya  Perda  Kota  Palembang  No. 9  Tahun  2008  Tanggal  20  Agustus  2008  Tentang  Pembentukan  Susunan  Organisasi  Tata  Kerja  Dinas  Daerah  Kota  Palembang,  maka  Struktur  Organisasi  Dinas  Pendidikan  Pemuda  dan  Olahraga  Kota  Palembang  adalah  sebagai  berikut :

  1. Kepala Dinas
  2. Sekretariat

- Subbag Umum

- Subbag Keuangan

- Subbag Kepegawaian

  1. Bidang Perencanaan Pembangunan dan Subsidi

- Seksi Program

- Seksi Pendataan dan Subsidi

- Seksi Bangunan, Gedung dan Perabotan

  1. Bidang TK/SD

- Seksi Manajemen dan Prasarana Pendidikan TK dan SD

- Seksi Kurikulum dan Sistem Pengujian TK dan SD

- Seksi Pengembangan Tenaga Pendidik TK dan SD

  1. Bidang SMP/ SMA/SMK

- Seksi Manajemen dan Prasarana Pendidikan  SMP/SMA/SMK

- Seksi Kurikulum dan Sistem Pengujian SMP/SMA/SMK

- Seksi Pengembangan Tenaga Pendidik SMP/SMA/SMK

  1. Bidang Pendidikan Non Formal

- Seksi Pendidikan Anak Usia Dini dan Kesetaraan

- Seksi Kursus Kelembagaan dan Kurikulum

- Seksi Pengembangan Pendidikan

  1. Bidang Kepemudaan

- Seksi Pengembangan Kepemudaan

- Seksi Aktivitas dan Kreatifitas Pemuda

- Seksi Lembaga Kepemudaan

  1. Bidang Olahraga

          - Seksi Pemassalan dan Pembibitan Olahraga

          - Seksi Pembinaan Prestasi Olahraga

          - Seksi Organisasi, Sarana dan Prasarana Olahraga

  1. UPTD Kecamatan (Cabang Disdikpora Kecamatan di 16 Kecamatan)
  2. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)

 

B

Susunan Kepegawaian dan Perlengkapan

 

Susunan kepegawaian  Kantor  Dinas  Pendidikan,  Pemuda  dan  Olahraga  Kota  Palembang   tahun 2015,   disajikan  dalam  tabel  berikut :

 

 

TABEL 1

SUSUNAN KEPEGAWAIAN KANTOR DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA PALEMBANG BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PANGKAT/GOLONGAN TAHUN 2015

Tingkat   Pendidikan

Pangkat / Golongan dan Jlh (org)

IV.c

IV.b

Iva

III.d

III.c

III.b

III.a

II.d

II.c

II.b

II.a

I.d

I.c

I.b

Jlh

S3

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

S2

-

2

22

9

3

2

-

-

-

-

-

-

-

-

37

S1

-

-

1

6

43

10

19

-

-

-

-

-

-

-

39

D.III

-

-

-

-

3

2

-

1

-

-

-

-

-

-

6

SLTA

-

-

-

-

-

12

-

1

4

4

3

-

-

-

24

SLTP

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

SD

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Jumlah

-

2

22

15

49

26

19

2

4

4

3

-

-

-

107

Sumber: DUK Disdikpora 2015

 

Perlengkapan  sebagai  prasarana  penunjang  tugas dan  fungsi  Dinas  Pendidikan,  Pemuda  dan  Olahraga   Kota  Palembang,  dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

 

 

TABEL 2

PERLENGKAPAN KANTOR DINAS  PENDIDIKAN,  PEMUDA  DAN  OLAHRAGA  KOTA  PALEMBANG TAHUN 2015

Uraian

Keadaan Saat Ini (Unit)

Keterangan

Baik

Rusak

Gedung Kantor

1

1

-

Aula Rapat

2

2

-

Kendaraan Roda 4

10

10

-

Kendaraan Roda 2

10

10

-

Mesin tik

4

-

4

PC

10

10

-

Computer SIAK

10

10

-

 

C

Kedudukan, Tugas dan Wewenang

 

  1. Kedudukan
  • Dinas Pendidikan,  Pemuda  dan  Olahraga  Kota  Palembang  merupakan perangkat daerah Kota  Palembang,   yang  memiliki   wilayah  kerja  dalam  Kota  Palembang  dan  dipimpin  oleh  Kepala 
  • Dinas Pendidikan, Pemuda  dan  Olahraga  Kota  Palembang  berkedudukan di bawah  Sekretariat  Daerah  Kota  Palembang, dan bertanggung  jawab  kepada   walikota   Palembang  melalui Sekretaris Daerah  Kota 

 

  1. Tugas

Berdasarkan  Keputusan  Walikota  Palembang  No. 67  Tahun  2001,  tentang  Uraian  Tugas  dan  Fungsi  Dinas  Daerah,  tugas  pokok   Dinas  Pendidikan  Nasional  Kota  Palembang  yaitu  melaksanakan  otonomi  daerah  dalam  rangka  pelaksanaan  tugas  menuntaskan  pembangunan dalam  bidang  pendidikan,  dengan  fungsi   merumuskan  kebijakan  teknis  pelaksanaan  pembangunan  bidang  pendidikan,  memberikan  pelayanan  umum   dan  perizinan  dalam  bidang  pendidikan,   dan  mengelola  ketata-usahaan  Dinas  Pendidikan.

 

  1. Wewenang

Selain tugas sebagaimana tersebut di atas, Dinas  melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota,  untuk  menangani sebagian urusan otonomi daerah, yang meliputi aspek: a. perizinan; b. rekomendasi; c. koordinasi; d. pembinaan; e. pengawasan; f. fasilitasi; g. penetapan; h. penyelenggaraan; dan i. kewenangan lain yang dilimpahkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  III

 

ISU STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A

Gambaran Umum Saat Ini

 

 

Kantor  Dinas  Pendidikan  Pemuda  dan  Olahraga  Kota  Palembang  yang  beralamat  di Jalan  Dr. Wahidin  No. 3 Kecamatan  Bukit Kecil  Palembang,  mengelola  pendidikan  formal  negeri  mulai  jenjang  TK, SD,  SMP,  SMA  dan  SMK,   serta  melaksanakan  pelayanan  dan  pembinaan  lembaga  pendidikan  swasta,  lembaga  pendidikan  non  formal  dan  pendidikan  anak  usia  dini.

Dalam  melaksanakan  tugasnya,  Dinas  Pendidikan,  Pemuda  dan  Olahraga  Kota  Palembang   dibantu  oleh  Cabang  Dinas   pada  tingkat  Kecamatan,  yang  dipimpin  oleh  Kepala  Dinas  Kecamatan.

Sekolah  dan  lembaga  pendidikan  negeri dan  swasta  yang  dikelola dan  dibina  oleh  Dinas  Pendidikan,  Pemuda  dan  Olahraga  Kota  Palembang,  dapat  dilihat  pada  tabel – tabel  dibawah  ini.

TABEL. 3

JUMLAH  SEKOLAH  NEGERI  DAN  JUMLAH  SISWA  TAHUN  2015

 

TK

SDN

SMPN

SMAN

SMKN

JUMLAH

Jml.  sekolah

2

268

59

24

8

361

Jml. Murid

271

161.649

49.208

22.120

8.934

242.182

 

TABEL. 4

JUMLAH  SEKOLAH  SWASTA  DAN  JUMLAH  SISWA  TAHUN  2015

 

TK

SD

SMP

SMA

SMK

JUMLAH

Jml.  sekolah

330

106

138

95

68

737

Jml. Murid

15.561

31.238

29.162

27.050

18.019

121.000

 

 

TABEL. 5

JUMLAH  LEMBAGA  PENDIDIKAN  LUAR SEKOLAH  TAHUN  2015

No

JENIS KURSUS

JUMLAH LEMBAGA

1

Bimbel MIPA

72

2

Kursus Bahasa Inggris

95

3

Menjahit

24

4

Komputer

27

5

Baby Sitter

2

6

Otomotif

5

7

Elektronika

2

8

Hantaran

2

9

TKK

6

10

TKR

8

11

Tata Rias Pengantin

2

12

Bahasa Mandarin

2

13

Perhotelan

7

14

Seni Musik

4

15

Mengemudi

2

16

Tata Boga

4

17

Advocat

1

18

Perpajakan

1

19

Akupuntur

2

20

Bahasa Jerman

1

21

Pendidikan PAUD

5

22

Brodcasting

1

23

Bordir

5

24

Modelling

2

25

Aritmatika

21

 

 

 

TABEL6

DATA PENDIDIKAN NON FORMAL

No

LEMBAGA

JUMLAH LEMBAGA

JUMLAH

PROGRAM KEAHLIAN

1

Kursus

264

25

2

PKBM

27

-

3

PAUD

349

-

4

TBM

48

-

Jumlah :

688

25

 

TABEL 7

JUMLAH  SD  STANDAR NASIONAL

TAHUN 2015

NO

Nama Sekolah

Keterangan Akreditasi

1

SD Negeri 1

2009

2

SD Negeri 21

2009

3

SD Negeri 17

2009

4

SD Negeri 33

2009

5

SD Negeri 57

2009

6

SD Negeri 114

2009

7

SD Negeri 117

2009

8

SD Negeri 159

2009

9

SD Negeri 170

2009

10

SD Negeri 200

2009

11

SD Negeri  220

2009

12

SD Negeri  254

2009

13

SD Negeri  2

2010

14

SD Negeri  31

2010

15

SD Negeri  42

2010

16

SD Negeri  49

2010

NO

Nama Sekolah

Keterangan Akreditasi

17

SD Negeri  89

2010

18

SD Negeri  106

2010

19

SD Negeri  156

2010

20

SD Negeri  157

2010

21

SD Negeri  165

2010

22

SD Negeri   177

2010

23

SD Negeri  149

2010

24

SD Negeri  128

2010

 

TABEL 8

JUMLAH  SEKOLAH UNGGULAN

TAHUN 2015

Jenjang Sekolah

Jumlah

Keterangan

SD

1

SDN  179, SDN 87

SMP

2

SMPN  1;  SMPN  9

SMA

3

SMAN 17; SMA Kumbang; SMA Xaverius I dan SMA LTI - IGM

SMK

2

SMKN  2; SMKN  6

 

 

TABEL 9

JUMLAH  SMP  STANDAR NASIONAL

TAHUN 2015

NO

Nama Sekolah

Tahun Akreditasi

1

SMPN 10

2008

2

SMPN 33

2008

3

SMPN 03

2009

4

SMPN 06

2009

5

SMPN 08

2009

6

SMPN 14

2009

7

SMPN 15

2009

8

SMPN 16

2009

9

SMPN 17

2009

10

SMPN 18

2009

11

SMPN 35

2009

12

SMPN 54

2009

13

SMPN 11

2010

14

SMPN 12

2010

15

SMPN 20

2010

16

SMPN 21

2010

17

SMPN 25

2010

18

SMPN 39

2010

19

SMPN 46

2010

20

SMPN 50

2010

21

SMPN 51

2010

22

SMP Patra Mandiri

2010

 

TABEL 10

JUMLAH  SMA  STANDAR NASIONAL

TAHUN 2015

NO

Nama Sekolah

Tahun Akreditasi

1

SMA Negeri 1 

2009 

2

SMA Negeri 2

2009

3

SMA Negeri 3

2009

4

SMA Negeri 4

2009

5

SMA Negeri 7

2009

6

SMA Negeri 8

2009

7

SMA Negeri 9

2009

8

SMA Negeri 10

2009

9

SMA Negeri 11

2009

10

SMA Negeri 12

2009

11

SMA Negeri 13

2009

12

SMA Muhammadiyah 1 

2009 

13

SMA  Tunas Bangsa

2009

14

SMA  Bina Warga 2

2009

15

SMA  PGRI 2

2009

16

SMA  Patra Mandiri 1

2009

17

SMA  Xaverius 3

2009

18

SMA  Pusri

2009

19

SMA  Methodist 2

2009

 

TABEL 11

JUMLAH  SMK  STANDAR NASIONAL

TAHUN 2015

NO

Nama Sekolah

Program Unggulan

1

   SMK Negeri  01 

Kel.Bisnis Manajemen 

2

   SMK Negeri  03

Kel.Bisnis Manajemen 

3

   SMK Negeri  07

Kel.Seni dan Kerajinan 

4

   SMK Negeri  04

Kel.Teknologi 

 

TABEL 12

JUMLAH  SMK KELOMPOK UNGGULAN

TAHUN 2015

 

NO

Nama Sekolah

Keterangan

1

SMKNegeri 2

2006 (Kel.Teknologi)

2

SMKNegeri 6

2004 (Kel.Pariwisata)

 

 

 

TABEL 13

JUMLAH  SEKOLAH  KEAGAMAAN ISLAM, SEKOLAH  LUAR  BIASA  DAN  JUMLAH  SISWA  TAHUN  2015

 

Nama Sekolah :

MI/Salafiyah

MTs

MA

SDLB

Jumlah Sekolah :

89

36

15

12

Jumlah Murid :

22.983

6.976

3.733

939

 

Kondisi  sarana  dan  prasarana  pendidikan  dan   tenaga  kependidikan  pada  sekolah  negeri  Kota  Palembang,  dapat  dilihat  pada  table-table  dibawah  ini. 

TABEL 15

KONDISI  GEDUNG / RUANG  BELAJAR 

SEKOLAH  NEGERI/ SWASTA  TAHUN  2015

Jenjang

Non Permanen

Baik / Rusak Ringan

Rusak  Sedang

Rusak Berat

Jumlah Rombel

Jumlah Ruang Kelas

SDN/SDLB

0

2652

699

431

5252

3782

SMPN/SMPLB

0

1615

529

149

2293

2293

SMAN/SMALB

0

1318

262

47

1627

1627

SMKN/SMKLB

0

446

117

59

622

622

 

TABEL 16

KONDISI  MEUBELER RUANG KELAS 

SEKOLAH  NEGERI  TAHUN  2015

Jenjang

Mebeler siswa

Mebeler Guru

Almari Kelas

Papan Tulis

Ada

Kurang

Ada

Kurang

Ada

Kurang

Ada

Kurang

SD

179.711

50.240

11.020

1.256

2.827

1.256

2.827

1.256

SMP

82.982

5.680

8.253

142

1.140

142

1.140

142

SMA

55.980

200

5.948

5

528

5

528

5

SMK

16.424

1.880

1.754

47

232

47

232

47

 

 

 

TABEL 17

DATA  TENAGA  PENDIDIK  PADA  SMP  DAN  SMA/K  NEGERI 

TAHUN  2015

NO

Jenjang Pendidikan

Jumlah PTK

S.1

S.2

Belum Sarjana

Tidak Terdata

1

SD

7.768

5.214

183

2.371

-

2

SMP

5.649

4.823

271

555

-

3

SMA

4.194

3.581

478

135

-

4

SMK

2.468

2.153

178

137

-

 

Jumlah

20.079

15.771

1.110

3.198

-

 

Adapun  data  indikator capaian  kinerja peningkatan  mutu  pendidikan  di  Kota  Palembang,  dapat  dilihat  pada  tabel  berikut  ini.

TABEL 18

DATA  INDIKATOR  CAPAIAN  KINERJA  PENINGKATAN  MUTU  PENDIDIKAN  KOTA  PALEMBANG  TAHUN  2015

 

No

Kinerja

Capaian Kinerja 2015 (%)

 

 

 

1

Angka Melek Huruf Latin usia 15 Tahun keatas

98,25

 

 

 

2

Angka  Partisipasi  Kasar (APK)

 

 

a. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

68,52

 

b. SD/MI/Paket A

99,34

 

c. SMP/MTs/Paket B

96,82

 

d. SMA/SMK/MA/Paket C

93,87

 

 

 

3

Angka  Partisipasi  Murni (APM)

 

 

a. SD/MI/Paket A

93,76

 

b. SMP/MTs/Paket B

71,04

 

c. SMA/SMK/Paket C

93,73

 

 

 

4

Angka  Putus  Sekolah

 

 

a. SD/MI

0,04

 

b. SMP/MTs

0,69

 

c. SMA/SMK/MA

0,39

 

 

 

5

Kualitas  Tenaga  Pendidik

 

 

a. Guru  Berkualifikasi  S.1

70,40

 

b. Guru  Berkualifikasi  S.2

4,97

 

c. Guru  Berkualifikasi  <  S.1

75,37

 

 

 

6

Rata-rata  Lama  Sekolah  Penduduk

14,59 Tahun

 

B

Kondisi Yang Diharapkan dan Proyeksi Kedepan

 

 

  1. Meningkatnya Pemerataan Pelayanan  Pendidikan

 

Pilar  pertama  dari  Tiga  Pilar  Pendidikan  yang  dicanangkan  oleh  Direktorat Pendidikan  Dasar  dan  Menengah  Departemen  Pendidikan  Nasional   yaitu  Peningkatan  Pemerataan  Pelayanan  Pendidikan.  Peningkatan  pemerataan  pelayanan  ( akses )  ini  berorientasi  kepada  percepatan  penuntasan  program  wajib  belajar  pendidikan  dasar  sembilan  tahun,  untuk  meningkat  menjadi  program  wajib  belajar  pendidikan  menengah dua  belas  tahun.  Keberhasilan  Peningkatan  pemerataan  pelayanan  pendidikan  ini  ditandai dengan  a) Meningkatnya  angka  partisipasi  sekolah,  baik  APK  maupun  APM  dari  tahun  ke  tahun,  pada  semua  jenjang  pendidikan,  baik  formal  maupun  non  formal.    b)   Meningkatnya  angka  melek  huruf  latin  penduduk  yang  berusia  diatas  15  tahun.    c) Bergesernya  rasio  kelas per siswa  kearah  mendkati  angka  ideal  secara  berangsur – angsur.   Proyeksi  pada  lima  tahun  kedepan  yaitu  tuntas  wajib  belajar  pendidikan  dasar  sembilan  tahun  dan  siap  menuju  wajib  belajar  pendidikan  menengah