• Kasubbag Kemendikbud: Anak-Anak Harus Paham Isu Kejahatan Terorisme Sejak Dini
Kasubbag Kemendikbud: Anak-Anak Harus Paham Isu Kejahatan Terorisme Sejak Dini
  • 2017-05-26

Ilustrasi

Mengingat maraknya peristiwa terorisme akhir-akhir ini terjadi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sempat mengeluarkan panduan pada guru dan orangtua untuk mengajak anak membicarakan kejahatan terorisme.

Menurut Anandes, Kasubbag Layanan Informasi Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemdikbud, hal ini perlu dilakukan agar arus informasi yang masuk pada anak-anak  bisa disaring.

“Kan sekarang gampang ya dapat informasi-informasi yang salah lewat media sosial, dan anak-anak pasti masih susah membedakan mana yang perlu atau tidak dikonsumsi,” ungkap Anandes. (Dilansir dari tirto.id)

Anandes menambahkan bahwa anak-anak sudah harus paham tentang isu kejahatan terorisme sejak dini. Apalagi radikalisme sendiri juga sudah masuk lewat sekolah.

Menanggapi hal tersebut, Nurhasanah, Kepala SD Negeri 1 Palembang, menghimbau supaya keluarga selalu memperhatikan pergaulan anak-anaknya di rumah dan membatasi penggunaan telepon seluler terhadap konten-konten yang tidak cocok.

“Di sekolah selalu diperingatkan agar anak-anak tidak berperilaku yang tidak mendidik. Hal tersebut dapat diarahkan dengan memperkokoh iman melalui pembelajaran agama dan memperkuat rasa toleransi,” ungkap Nurhasanah.

Nurhasah juga berharap kepedepannya agar anak-anak dapat bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan cara saling menerima keberagaman terhadap sesama. (mhi)