• Kepala Sekolah Ramaikan Pemutakhiran SIPD di Kantor Dinas Pendidikan Kota Palembang
Kepala Sekolah Ramaikan Pemutakhiran SIPD di Kantor Dinas Pendidikan Kota Palembang
  • 2017-06-05

 

Puluhan kepala sekolah bersama jajarannya mengikuti  launching  Pemutakhiran Data Kepegawaian dengan Aplikasi Sistem Informasi Pendidikan Daerah (SIPD) yang dilaksanakan di aula dinas pendidikan kota Palembang, senin (5/6).

SIPD adalah aplikasi yang dibuat oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau lebih tepatnya BKPSDM  untuk pendataan data pribadi PNS yang membantu proses pendataan manual menjadi terinterasi ke aplikasi SIPD yang berpusat di BKD, sehingga menjadikan proses pendataan dan administrasi PNS menjadi paperless.

Cara kerja system ini adalah PNS dapat masuk ke pendataan pribadi masing-masing dengan menggunaka Nomor Induk Pegawai (NIP) masing-masing PNS dan kata kunci. Fitur didalam SIPD sendiri terdapat data utama yang terdiri dari data pribadi PNS, data SK pns dan data pendidikan formal.

Menurut Andalusia kasubbag umum dan kepegawaian dinas  pendidikan kota Palembang, SIPD membantu mempersingkat proses administrasi. “ dengan adanya SIPD ini proses administrasi pegawai jadi singkat, tidak perlu lagi bawa-bawa berkas untuk ngurus administrasi PNS, dan juga mendukung untuk paperless” ujarnya saat ditemui di ruang kerja.

Andalusia sendiri mencoba untuk mengindahkan apa yang difasilitasi oleh BKD. “ seperti saya, saya sudah mengumpulkan semua SK saya, saya scanning terus saya masukkan semua itu ke akun SIPD saya dengan menggunakan NIP dan password saya” , imbuhnya.

Jika mendengar tentang pendataan PNS, pasti tidak asing lagi dengan sitem PUPNS. Serupa tapi tak sama, beda PUPNS dan SIPD terletak pada pusatnya, “ Kalo PUPNS itu pusatnya di BKN, kalo SIPD itu cuma daerah, lebihnya, SIPD lebih detail”, ujar Zola, pegawai informasi. (mer96)