• Tingkatkan Sistem Informasi Pendidkan Daerah Berbasis Online
Tingkatkan Sistem Informasi Pendidkan Daerah Berbasis Online
  • 2017-06-10

Acara pelatihan data kepengawaian mengenai aplikasi Sistem Informasi Pendidikan Daerah (SIPD) yang berbasis online yang berlangsung selama empat hari dengan  pembagian tiap wilayah daerah yang telah dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kota Palembang dengan menghadirkan kepala sekolah beserta jajaran dari tingkat TK, SD dan SMP yang diundang.

aplikasi yang dibuat dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk pendataan data pribadi PNS yang membantu proses pendataan manual yang lebih cepat dan efisien waktu. “Aplikasi online ini baru diadakan sebulan yang lalu, launching di ruang rapat kantor walikota pada saat rapat Rakor (Rapat Koordinasi). Dengan adanya sistem online kita dapat mengetahui data kepengawaian secara cepat dan efisien waktu dalam proses admintasi, kemarin kita masih ofline yang tidak bisa di akses secara luas dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pelatihan secara teknis pengisian kepengawaian secara online,” Ungkap Mirza, pengisi pemateri dari BKD dalam acara SPID (9/6).

Peserta yang hadir dan telah diamanahkan mengikuti kegiatan ini, nantinya juga akan mengajari guru-guru lainnya yang ada disekolahnya,” tambahnya.

Selain pelatihan verifikasi kepengawaian dari BKD, juga ada pemateri mengenai cara pengisian penjabatan serta syarat dan ketentuannya diantaranya memiliki syarat keterampilan komputer, bakat kerja, serta temperamen kerja yang diisi langsung dari dinas pendidikan Palembang.

“Tujuannya memberikan arahan ataupun mencerdasan kepada peserta mengenai untuk menjabat memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku bukan yang asak-asalan, disini juga sistem pendaftarannya via online,”Ujar Andalusia, pengisi pemateri acara SPID.  

“Bagi saya kegiatan SPID sangatlah menguntung dari pihak sekolah, dengan adanya ini kita tahu cara pengisian data PNS untuk menverifikasi data kepengawaian dari BKD dan walikota. Kegiatan tersebut, kita sudah ada sosialisasinya ke sekolah jauh-jauh hari maka peserta yang hadir harus bertanggung jawab menyebarkan informasi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Palembang untuk di informasikan kembali ke semua guru yang ada di sekolah,” ungkap guru sekolah sebagai peserta dalam acara tersebut. (lis)